Jl. Gatot Subroto 167 Raha +62 04032521025 pemdamuna@munakab.go.id

Berita Terkini

Baca Berita Terbaru Hari Ini

Peringatan Hari Ibu, Momentum Pengakuan Eksistensi Perempuan dalam Pembangunan
Posting, 23-01-2024 | | | Publisher | Nur Abin | , Dilihat = 10 X

Peringatan Hari Ibu, Momentum Pengakuan Eksistensi Perempuan dalam Pembangunan

Tujuh puluh delapan tahun sudah Indonesia merdeka, dan sepanjang itu pula perempuan terus bergerak memberi arti untuk bangsa ini. Kongres Perempuan Pertama pada 22 Desember 1928 yang kita peringati setiap tahunnya sebagai Hari Ibu, menjadi titik penting bagi perjuangan perempuan Indonesia. Melalui kongres ini, perempuan tidak hanya menegaskan eksistensinya, tetapi juga menunjukkan kekuatannya dalam memajukan kehidupan bangsa dengan tidak pernah absen dalam mengisi ruang-ruang pembangunan Indonesia.

Hari ini, 22 Desember 2023, Indonesia memperingati Hari Ibu ke-95. Peringatan Hari Ibu (PHI) bagi bangsa Indonesia, khususnya bagi perempuan Indonesia, selalu menjadi momen khusus. Peringatan Hari Ibu bukan saja peringatan untuk mengucapkan terima kasih atas jasa ibu yang begitu istimewa bagi seluruh masyarakat Indonesia, tetapi lebih dari itu, Peringatan Hari Ibu bertujuan mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas untuk memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

“Peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023 akan menjadi tonggak sejarah baru bagi perjalanan perempuan Indonesia dalam berkontribusi memajukan kehidupan bangsa. Kehadiran perempuan dalam memajukan kehidupan bangsa adalah bagian dari cita-cita para pejuang bangsa sejak masa perjuangan merebut kemerdekaan. Selama kurang lebih hampir tiga tahun pandemi memberikan situasi baru bagi perempuan Indonesia. Selain itu, situasi pascapandemi dengan segala tantangan- tantangan baru yang muncul menjadi babak baru bagi perjuangan perempuan Indonesia. Rekam jejak kontribusi perempuan Indonesia membangkitkan ekonomi keluarga selama pandemi merupakan salah satu bukti bahwa perempuan Indonesia selalu hadir dalam setiap momen perjuangan bangsa,” tutur Menteri PPPA, Bintang Puspayoga.

Oleh karenanya, dalam peringatan PHI ke-95 Tahun 2023 ini, catatan-catatan emas tentang rekam jejak perempuan Indonesia perlu semakin digelorakan dan terus digaungkan. Peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023 merupakan kesempatan yang ideal untuk menghargai peran dan pencapaian perempuan Indonesia dalam berbagai bidang; mempromosikan kesetaraan gender dan peningkatan pelindungan terhadap perempuan; mendorong partisipasi perempuan dalam pembuatan kebijakan dan pengambilan keputusan; memotivasi perempuan untuk mengambil peran aktif dalam memajukan negara; dan merayakan keragaman budaya dan warisan perempuan Indonesia.

Peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023 yang kembali mengusung tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju” diharapkan akan memberikan inspirasi kepada semua pihak untuk terus mendukung perempuan dan menyadari pentingnya peran mereka dalam mencapai kemajuan Indonesia. PHI telah dirangkai dalam 4 (empat) subtema yang saling terkait untuk membingkai semangat dan gerakan perempuan Indonesia dalam menoreh prestasi membanggakan bagi kemajuan bangsa, yakni Perempuan Bersuara, Perempuan Berdaya dan Berkarya, Perempuan Peduli, serta Perempuan dan Revolusi.

Menteri PPPA juga mengungkapkan PHI ke-95 Tahun 2023 akan bersamaan dengan periode politik persiapan pesta demokrasi 2024. Hal ini tentu saja akan menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan wawasan, kesadaran, dan sikap positif perempuan Indonesia tentang peran strategis perempuan untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2024.

“Bukankah keadilan, kesejahteraan, dan perdamaian yang kita dambakan tidak akan pernah tercapai tanpa peran serta perempuan? Oleh karenanya, melalui Peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023 ini, saya berharap perempuan Indonesia dapat terus meningkatkan kapasitas, kompetensi dan prestasinya serta berani bersuara untuk menentukan arah kebijakan dan tujuan bernegara. Perempuan juga harus bersatu, saling membantu, dan saling menginspirasi. Sekarang adalah waktunya bagi perempuan untuk memberi warna tersendiri bagi pembangunan bangsa ini melalui perannya dan karya nyata. Bersama perempuan, kita wujudkan Indonesia Emas 2045. Selamat Hari Ibu ke-95 Tahun 2023 untuk seluruh perempuan Indonesia. Perempuan Berdaya, Anak Terlindungi, Indonesia Maju!” tutup Menteri PPPA.

Berbagai rangkaian kegiatan telah dilakukan dalam memperingati Hari Ibu ke- 95 Tahun 2023, dimulai dengan kegiatan ‘MERAYAKAN PEREMPUAN’ sebagai kick-off PHI ke-95 pada 14 November di Istora Senayan, Jakarta yang diisi dengan diseminasi isu-isu aktual dan isu-isu tematik tentang pemberdayaan perempuan, serta showcase perempuan-perempuan inspiratif mewakili berbagai profesi. Rangkaian dilanjutkan dengan Road Show MERAYAKAN PEREMPUAN di tiga (3) kota mewakili tiga (3) wilayah, yakni Aceh, Bali, dan Manokwari. Dalam road show ini dilakukan talk show dengan topik yang berbeda dan mencirikan kekhasan tiap kota, bakti sosial, gelar UMKM, dll. Aceh mengangkat tema Pemberdayaan Ekonomi Perempuan, Bali mengangkat tema Perempuan dan Kesehatan, dan Manokwari mengangkat tema Perempuan dan Pariwisata serta Kesehatan.

Kegiatan Upacara Bendera dan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta yang merupakan salah satu kegiatan tetap dalam PHI diselenggarakan pada 14 Desember 2023. Selanjutnya akan dilakukan ziarah ke makam para perempuan pahlawan dan juga pemberian bingkisan kepada petugas makam, tabur bunga, dan peletakan karangan bunga. Sebagai bentuk penghormatan kepada para pejuang perempuan yang masih ada, juga dilaksanakan anjangsana untuk mendengar cerita, kisah-kisah, dan perjuangan para tokoh pejuang perempuan yang turut ambil bagian dalam pergerakan nasional merebut kemerdekaan. Seluruh rangkaian PHI ke-95 Tahun 2023 ditutup dengan puncak acara pada tanggal 22 Desember 2023, yang dikemas dalam bentuk tasyakuran, yang akan dilaksanakan di Gedung BRIN, Jakarta.

Kembali

Agenda Kegiatan Pemerintah

Pesan Penting Hari ini

Impian tidak dapat terwujud dengan sendirinya, akan tetapi impian akan datang ketika seseorang berusaha untuk meraihnya.

Read More
Link Penting

Akses Cepat


Get In Touch

Jl.Gatot Subroto No 167

info@munakab.go.id

+62 04032125025

© . All Rights Reserved. Designed by Dinas Komunikasi informatika Statistik dan Persandian


Distributed By: Pemerintah Kabupaten Muna